Blog MIN 1 Indragiri Hilir (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir) berisi tentang informasi pendidikan, peraturan pendidikan dan pembelajaran sekolah dan madrasah

Senin, 06 Februari 2023

Manfaat Upacara Bendera di Sekolah

  MIN 1 Indragiri Hilir, 6 Februari 2023. Upacara bendera salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan hampir di semua sekolah. Kegiatan ini dianggap baik untuk melatih kedisiplinan warga sekolah, baik siswa maupun guru dan tenaga kependidikan. Apa saja manfaat upacara itu ?...

Gambar : Pembina menyampaikan amanat pada upacara bendera MIN 1 Indragiri Hilir 

Gambar : Pelaksanaan upacara bendera MIN 1 Indragiri Hilir 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2018. Bahwa ada 6 tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan upacara :

1. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Membiasakan bersikap tertib dan disiplin.

3. Meningkatkan kemampuan memimpin.

4. Membiasakan kekompakan dan kerjasama.

5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa.

6. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Yuk kita uraikan 6 tujuan itu.

"Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Pada upacara bendera siswa dididik untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dimana para siswa yang berasal dari latar belakang, suku, ras, agama, adat istiadat, bahasa, dan status sosial yang berbeda harus bersatu dan saling bekerjasama dalam hal berbangsa, yang salah satunya terlihat saat bersama-sama dalam melaksanakan upacara. 

"Membiasakan bersikap tertib dan disiplin."

Seluruh peserta upacara diharuskan mengikuti upacara sesuai dengan aturan dan tata tertib yang telah dibuat. Urutan dan ketentuan itu harus dilaksanakan dengan baik, dengan mengikuti ketentuan tersebut maka peserta upacara akan terbiasa disiplin, baik itu disiplin waktu, perilaku dan sikap.

"Meningkatkan kemampuan memimpin."

Diantara hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah disiplin, profesional, teratur, terarah, bisa memberi contoh yang baik, mampu mengarahkan, bisa bekerjasama dan lain sebagainya, yang semua itu dilatih saat menjadi peserta dan pelaksana dalam upacara bendera.

"Membiasakan kekompakan dan kerjasama."

Pelaksanaan upacara di tuntut kompak dan mampu bekerjasama dengan baik. Diantaranya penggerak benderang yang terdiri dari beberapa orang, sangat diperlukan kekompakan dan kerjasamanya, tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, tidak boleh mengedepankan ego, begitu juga dengan paduan suara akan baik bila dilakukan secara kompak dan bekerjasama saling bantu.

"Menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa."

Setiap siswa dilatih untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri, bertanggung jawab atas kekompakan kelompoknya, barisannya, tugas yang diberikan padanya dan kelancaran pelaksanaan upacaranya. Dengan petugas upacara yang ditunjuk secara bergiliran pada setiap kelas dan bergiliran pula pada setiap siswa pada kelasnya itu, maka disitulah rasa tanggung jawab tumbuh dalam diri siswa.

"Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air."

Dalam pelaksanaan upacara, siswa diajarkan untuk cinta pada bangsa dan negara. Pembina selalu mengajak seluruh peserta upacara mengheningkan cipta untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah merebut dan memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Disamping itu seluruh peserta upacara diwajibkan untuk hormat bendera saat bendera merah putih dinaikan, ini adalah bentuk penghormatan dan salah satu ungkapan rasa cinta pada bangsa dan negara ini.

Inilah beberapa manfaat upacara bendera yang sering dilakukan hampir di setiap sekolah.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *