KMA 184 Tahun 2019 - Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah Ibtidaiyah
Implementasi
kurikulum berdasarkan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman
Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan SK Dirjen Pendis Nomor 6980 Tahun 2019 tentang Juknis Penyusunan
Kurikulum tingkat Madrasah Ibtidaiyah masih mengelompokkan muatan kurikulum
dalam dua kelompok yaitu muatan nasional dan muatan lokal.
Muatan nasional mencakup mata pelajaran dan
alokasi waktu yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
(Permendikbud) maupun Keputusan Menteri Agama (KMA) atau peraturan lain yang
berlaku. Dalam hal ini berarti yang tercantum dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019.
Mata Pelajaran tersebut dikelompokkan menjadi
dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. Kelompok A adalah kelompok mata
pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat. Pada jenjang MI,
mapel kelompok A meliputi:
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al Qur'an Hadis
b. Akidah Akhlak
c.
Fikih
d. Sejarah Kebudayaan Islam (diajarkan di kelas 3, 4, 5, dan 6)
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Arab
5. Matematika
6. Ilmu Pengetahuan Alam (diajarkan di kelas 4, 5, dan 6)
7. Ilmu Pengetahuan Sosial (diajarkan di kelas 4, 5, dan 6)
Mata Pelajaran Kelompok B merupakan
kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan
dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal. Pada jenjang MI, mapel
kelompok B meliputi:
1. Seni Budaya dan Prakarya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3. Muatan Lokal
Sedang muatan lokal merupakan mata
pelajaran yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan
keunikan lokal. Muatan lokal menjadi kekhasan atau keunggulan madrasah. MI
dapat menyelenggarakan hingga tiga jenis mata pelajaran muatan lokal.
Muatan lokal di Madrasah Ibtidaiyah dapat
berupa:
1. Tahfidz: kegiatan menghafal Alquran;
2. Tilawah: seni baca Alquran;
3. Seni Islami: qasidah, hadrah, dsb.;
4. Riset: penelitian ilmiah sederhana;
5. Bahasa/literasi: Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, pengembangan
Bahasa Arab, kegiatan literasi, dsb.;
6. Teknologi: Robotik, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),
dsb.;
7. Pendalaman Sains: pendalaman IPA, pendalaman Matematika, dsb.;
8. Kekhasan madrasah, seperti: Aswaja,
Kemuhammadiyahan,
9. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), dsb.
10. Kekhasan madrasah khusus dalam naungan pondok pesantren, seperti:
nahwu, sharaf, baca kitab, dsb.
Muatan
lokal setiap tingkatan kelas bisa berbeda-beda jenisnya. Misal, muatan lokal di
kelas 1 Bahasa Baerah dan Tahfidz, di kelas 2 TIK dan Tahfidz, di kelas 4 TIK,
Tahfidz, dan Ke-NU-an, dsb.
Berdasarkan KMA Nomor 184 Tahun 2019,
pengembangan implementasi kurikulum pada MI
memungkinkanmadrasah untuk
menambah beban belajar atau alokasi jam pelajaran untuk mapel-mapel tertentu,
merelokasi jam pelajaran tertentu (mengurangi dan menambahkan ke mapel lain),
hingga menambahkan muatan
lokal.
Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah
Struktur kurikulum disusun mengacu pada struktur
kurikulum yang terdapat dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019 sebagai berikut.
Mata
Pelajaran
|
Alokasi
Waktu Perpekan
|
Kelompok A
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
5
|
5
|
6
|
4
|
4
|
4
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
9
|
10
|
7
|
7
|
7
|
4
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Seni Budaya dan Prakarya*
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
2
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
Muatan Lokal*
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
34
|
36
|
40
|
42
|
42
|
42
|
Keterangan :
* Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa
Daerah
** Muatan lokal dapat diisi dengan kearifan
lokal atau mata pelajaran lain yang menjadi kekhasan/keunggulan madrasah
terdiri atas maksimal tiga mata pelajaran dengan jumlah maksimal enam jam
pelajaran.
Penambahan dan Relokasi Beban Belajar (Jam
Pelajaran)
Seperti diulas di awal, pada KMA 184 Tahun
2019 maupun Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6980 Tahun 2019 memberikan wewenang
kepada Madrasah Ibtidaiyah untuk melakukan inovasi kurikulum madrasah dengan
menambah dan merelokasi beban belajar atau alokasi jam pelajaran.
Total penambahan beban belajar yang
diperbolehkan adalah maksimal enam jam pelajaran perpekan.
Ada beberapa alternatif inovasi kurikulum
terkait jumlah beban belajar yang dimungkinkan, seperti:
1. Menambah pada jumlah mata pelajaran muatan
lokal (hingga tiga muatan lokal) dengan total alokasi jam mapel 6 JTM.
Contoh
struktur kurikulum MI dengan penambahan satu muatan lokal
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu
Perpekan
|
Kelompok A
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Muatan Lokal*
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
a. Bahasa Daerah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
Jumlah
|
36
|
38
|
42
|
44
|
44
|
44
|
Contoh struktur kurikulum MI
dengan penambahan dua muatan lokal
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu
Perpekan
|
Kelompok A
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Muatan Lokal*
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
a. Bahasa Daerah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. TIK
|
2
|
2
|
3
|
4
|
4
|
4
|
|
Jumlah
|
38
|
40
|
45
|
48
|
48
|
48
|
Contoh struktur kurikulum MI
dengan penambahan tiga muatan lokal
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu
Perpekan
|
Kelompok A
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Muatan Lokal*
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Tahfidz
|
4
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Ke-NU-an
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. TIK
|
|
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
Jumlah
|
40
|
42
|
46
|
48
|
48
|
48
|
Jumlah mata pelajaran muatan lokal maksimal tiga
mapel. Jumlah total penambahan beban belajar maksimal enam JTM.
2. Menambah beban belajar pada mata
pelajaran kelompok A dan kelompok B dengan total alokasi jam mapel 6 JTM.
Mata
Pelajaran
|
Alokasi Waktu
Perpekan
|
KET
|
Kelompok A
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
b. Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
5
|
5
|
6
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
9
|
10
|
10
|
7
|
7
|
7
|
+ 1 JP
|
4
|
Bahasa Arab
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
+ 1 JP
|
5
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
-
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
+ 2 JP
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
-
|
-
|
-
|
4
|
4
|
4
|
+ 1 JP
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Seni Budaya dan Prakarya*
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
|
2
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Muatan Lokal*
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
a. Tahfidz
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
+ 2 JP
|
|
b. Ke-NU-an
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
+ 2 JP
|
Jumlah
|
38
|
40
|
45
|
48
|
48
|
48
|
|
Jumlah Penambahan
|
4
|
4
|
5
|
6
|
6
|
6
|
|
2. Merekolasi (menambah dan mengurangi) beban
belajar pada mata pelajaran kelompok A dan kelompok B.
Mata
Pelajaran
|
Alokasi
Waktu Perpekan
|
KET
|
Kelompok A
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
b. Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
d. Sejarah
Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
5
|
5
|
6
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
9
|
10
|
10
|
7
|
7
|
7
|
+ 1 JP
|
4
|
Bahasa Arab
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
+ 1 JP
|
5
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
-
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
+ 2 JP
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
-
|
-
|
-
|
4
|
4
|
4
|
+ 1 JP
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Seni Budaya dan Prakarya*
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
- 1 JP
|
2
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Muatan Lokal*
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
a. Tahfidz
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
+ 2 JP
|
|
b. TIK
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
+ 2 JP
|
Jumlah
|
38
|
40
|
45
|
47
|
47
|
47
|
|
Jumlah Penambahan
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5
|
|
Sebagaimana Ayo Madrasah kutib dari KMA Nomor
184 Tahun 2019 Bab III Poin A, Inovasi yang dilakukan madrasah dimuat dalam
Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah bersangkutan dan
mendapatkan persetujuan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota.
Penambahan beban belajar hingga
sebanyak-banyaknya enam jam pelajaran tersebut didasarkan pada pertimbangan
kebutuhan peserta didik, akademik, sosial, budaya, dan ketersediaan waktu.
Tujuannya demi meningkatkan mutu pendidikan, bukan karena pertimbangan
kekurangan atau kelebihan guru. Apalagi sekedar untuk pemenuhan beban kerja
guru bersertifikat pendidik.