Blog MIN 1 Indragiri Hilir (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir) berisi tentang informasi pendidikan, peraturan pendidikan dan pembelajaran sekolah dan madrasah

Minggu, 19 Juli 2020

Tupoksi Kepala Madrasah

TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) KEPALA MADRASAH


A. Kepala Madrasah Sebagai Pendidik (Educator)
  1. Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
  2. Membimbing karyawan dalam hal menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
  3. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar madrasah.
  4. Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar dan diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat, mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Madrasah.
  5. Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahan-bahan.

B. Kepala Madrasah Sebagai Manajer (Manager)
  1. Mengelola administrasi kegiatan belajar dan bimbingan konseling dengan memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
  2. Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap.
  3. Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga guru dan Tata Usaha.
  4. Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium, perpustakaan.
  5. Mengelola administrasi keuangan Rutin, BOS, dan Komite.

C. Kepala Madrasah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
  1. Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
  2. Mengoptimalkan sumberdaya manusia secara optimal, memanfaatkan sarana / prasarana secara optimal dan merawat sarana prasarana milik madrasah.
  3. Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas.
  4. Menyusun organisasi ketenagaan di madrasah baik Wakasek, Pembantu Kepala Madrasah, Walikelas, Kasubag Tata Usaha, Bendahara, dan Personalia Pendukung misalnya pembina perpustakaan, pramuka, OSIS, Olah raga. Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.

D. Kepala Madrasah sebagai Penyelia (Supervisor)
  1. Menyusun program supervisi kelas, pengawasan dan evaluasi pembelajaran.
  2. Melaksanakan program supervisi.
  3. Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan madrasah.

E. Kepala Madrasah sebagai Pemimpin (Leader)
  1. Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
  2. Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.
  3. Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
  4. Memiliki visi dan memahami misi madrasah yang diemban.
  5. Memahami kondisi guru, karyawan dan anak didik.

F. Kepala Madrasah sebagai Pembaharu (Inovator)
  1. Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
  2. Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar mengajar dan bimbingan konseling, pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan. Kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di Komite dan masyarakat.


G. Kepala Madrasah sebagai Pendorong (Motivator)
  1. Mampu mengatur lingkungan kerja.
  2. Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
  3. Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
Share:

Jumat, 17 Juli 2020

Tupoksi Pengelola Perpustakaan dan Loboraturium

Tugas dan Fungsi Pengelola Perpustakaan


Kepala Perpustakaan :
  1. Membuat perencanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan pada awal tahun ajaran.
  2. Mendayagunakan semua sumber yang ada.
  3. Mengadakan koordinasi dan pengawasan terhadap semua kegiatan perpustakaan.
  4. Mengadakan pembinaan terhadap anggota pustaka.
  5. Membuat kebijaksanaan-kebijaksanaan tertentu sehubungan dengan pembinaan dan pengembangan perpustakaan.
  6. Melakukan kerjasama dengan perangkat sekolah untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas kegiatan perpustakaan.
  7. Mengadakan penilaian terhadap penyelenggaraan perpustakaan.
  8. Mengadakan hubungan kerja sama dengan pihak luar/perpustakaan lain dalam upaya pengembangan perpustakaan
  9. Membuat laporan kegiatan perpustakaan pada akhir tahun ajaran.


Pelayanan Teknis :
  1. Merencanakan dan mengusulkan pengadaan bahan-bahan pustaka sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mengiventarisasi bahan-bahan pustaka ke dalam buku induk dan buku iventaris.
  3. Mengklasifikasikan bahan-bahan pustaka menurut  sistem klasifikasi tertentu.
  4. Mengkatalog dan melabel  buku-buku perpustakaan sekolah.
  5. Membuat perlengkapan buku (kartu buku, barkot, slip tanggal).
  6. Menyusun koleksi/ bahan-bahan pustaka di rak menurut peraturan yang berlaku.


Pelayanan Pembaca/Sirkulasi :
  1. Melayani peminjaman buku-buku.
  2. Melayani pengembalian buku-buku yang telah dipinjam.
  3. Memberikan pelayanan bimbingan belajar.
  4. Mengadakan pembinaan minat baca.
  5. Memberikan bantuan informasi kepada semua pihak.
  6. Menyusun koleksi/ bahan-bahan pustaka menurut peraturan yang berlaku


Pelayanan Pustaka Maya (TIK) :
  1. Mendukumentasikan bahan ajar (power point), perangkat pembelajaran guru.
  2. Mendukumentasikan, PTK guru dan karya tulis siswa yang dikutsertakan dalam lomba.
  3. Melengkapi Pustaka Maya dengan buku digital, bahan ajar (Materi) berupa bank informasi sesuai dengan kebutuhan guru.
  4. Mempublikasikan karya siswa dan guru, aktifitas sekolah di Web Sekolah.
  5. Memberikan pelayanan dan bimbingan pada  pemakai Pustaka Maya.
  6. Menata koleksi pustaka dalam server Pustaka Maya sehingga mudah ditemukan.


TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) LABORAN

Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan :
  1. Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium.
  2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium.
  3. Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan perbaikan alat-alat laboratorium.
  4. Membuat dan menyusun daftar alat-alat laboratorium.
  5. Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat laboratorium.
  6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala


Share:

Kamis, 16 Juli 2020

Perangkat Pembelajaran PJOK SD/MI

Perangkat Pembelajaran PJOK SD/MI Penjas Penjasorkes Kelas 1 2 3 4 5 6 k13 revisi 2017 terbaru


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuuh, Bapak/Ibu guru yang memerlukan Buku Guru, Buku Siswa serta Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK Kurikulum 2013 Semester 1 Revisi 2017, silahkan unduh link di bawah ini :

  1. Buku Guru PJOK Kelas 4 (unduh di sini)
  2. Buku Siswa PJOK Kelas 4 (unduh di sini)
  3. Buku Guru PJOK Kelas 5 (unduh di sini)
  4. Buku Siswa PJOK Kelas 5 (unduh di sini)
  5. Buku Guru PJOK Kelas 6 (unduh di sini)
  6. Buku Siswa PJOK Kelas 6 (unduh di sini)

  1. Prota PJOK Kelas 1 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  2. Prota PJOK Kelas 2 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  3. Prota PJOK Kelas 3 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  4. Prota PJOK Kelas 4 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  5. Prota PJOK Kelas 5 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  6. Prota PJOK Kelas 6 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)

  1. Promes PJOK Kelas 1 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  2. Promes PJOK Kelas 2 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  3. Promes PJOK Kelas 3 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  4. Promes PJOK Kelas 4 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  5. Promes PJOK Kelas 5 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  6. Promes PJOK Kelas 6 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)

  1. Silabus PJOK Kelas 1 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  2. Silabus PJOK Kelas 2 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  3. Silabus PJOK Kelas 3 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  4. Silabus PJOK Kelas 4 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  5. Silabus PJOK Kelas 5 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  6. Silabus PJOK Kelas 6 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)

  1. KKM PJOK Kelas 1 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  2. KKM PJOK Kelas 2 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  3. KKM PJOK Kelas 3 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  4. KKM PJOK Kelas 4 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  5. KKM PJOK Kelas 5 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  6. KKM PJOK Kelas 6 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)

  1. Jurnal PJOK Kelas 1 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  2. Jurnal PJOK Kelas 2 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  3. Jurnal PJOK Kelas 3 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  4. Jurnal PJOK Kelas 4 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  5. Jurnal PJOK Kelas 5 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  6. Jurnal PJOK Kelas 6 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)

  1. RPP PJOK Kelas 1 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  2. RPP PJOK Kelas 2 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  3. RPP PJOK Kelas 3 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  4. RPP PJOK Kelas 4 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  5. RPP PJOK Kelas 5 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)
  6. RPP PJOK Kelas 6 smt 1 K-13 Revisi 2017 (unduh di sini)

Untuk membuka file RAR di hp android  silahkan (unduh di sini)

Share:

Perangkat Pembelajaran Matematika SD/MI


Bagi Bapak/Ibu yang memerlukan Buku Guru atau Buku Siswa Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Kurikulum 2013 silahkan unduh link di bawah ini :
  1. Buku Guru Matematika Kelas 4 K-13 (unduh di sini)
  2. Buku Siswa Matematika Kelas 4 K-13 (unduh di sini)
  3. Buku Guru Matematika Kelas 5 K-13 (unduh di sini)
  4. Buku Siswa Matematika Kelas 5 K-13 (unduh di sini)
  5. Buku Guru Matematika Kelas 6 K-13 (unduh di sini)
  6. Buku Siswa Matematika Kelas 6 K-13 (unduh di sini)

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 yang terdiri dari Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan RPP, silahkan unduh link di bawah ini : 
  1. Prota Matematika Kls 4  K-13 (unduh di sini)
  2. Promes Matematika Kls 4 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  3. Silabus Matematika Kls 4 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  4. RPP Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 yang terdiri dari Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan RPP, silahkan unduh link di bawah ini : 
  1. Prota Matematika Kls 5 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  2. Promes Matematika Kls 5 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  3. Silabus Matematika Kls 5 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  4. RPP Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013
  • RPP Matematika Kls 5 Bab Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat (unduh di sini)

Dan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 yang terdiri dari Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan RPP, silahkan unduh link di bawah ini : 
  1. Prota Matematika Kls 6 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  2. Promes Matematika Kls 6 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  3. Silabus Matematika Kls 6 smt 1 K-13 (unduh di sini)
  4. RPP Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013

Untuk membuka file RAR di hp android  silahkan (unduh di sini)



Share:

Senin, 13 Juli 2020

KMA 184 Tahun 2019 - Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah Ibtidaiyah

KMA 184 Tahun 2019 - Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah Ibtidaiyah

Implementasi kurikulum berdasarkan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan SK Dirjen Pendis Nomor 6980 Tahun 2019 tentang Juknis Penyusunan Kurikulum tingkat Madrasah Ibtidaiyah masih mengelompokkan muatan kurikulum dalam dua kelompok yaitu muatan nasional dan muatan lokal.

Muatan nasional mencakup mata pelajaran dan alokasi waktu yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) maupun Keputusan Menteri Agama (KMA) atau peraturan lain yang berlaku. Dalam hal ini berarti yang tercantum dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019.

Mata Pelajaran tersebut dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat. Pada jenjang MI, mapel kelompok A meliputi:


1.       Pendidikan Agama Islam
a.       Al Qur'an Hadis
b.       Akidah Akhlak
c.        Fikih
d.       Sejarah Kebudayaan Islam (diajarkan di kelas 3, 4, 5, dan 6)
2.       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.       Bahasa Indonesia
4.       Bahasa Arab
5.       Matematika
6.       Ilmu Pengetahuan Alam (diajarkan di kelas 4, 5, dan 6)
7.       Ilmu Pengetahuan Sosial (diajarkan di kelas 4, 5, dan 6)

Mata Pelajaran Kelompok B  merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal. Pada jenjang MI, mapel kelompok B meliputi:

1.       Seni Budaya dan Prakarya
2.       Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.       Muatan Lokal

Sedang muatan lokal merupakan mata pelajaran  yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Muatan lokal menjadi kekhasan atau keunggulan madrasah. MI dapat menyelenggarakan hingga tiga jenis mata pelajaran muatan lokal.
Muatan lokal di Madrasah Ibtidaiyah dapat berupa:

1.       Tahfidz: kegiatan menghafal Alquran;
2.       Tilawah: seni baca Alquran;
3.       Seni Islami: qasidah, hadrah, dsb.;
4.       Riset: penelitian ilmiah sederhana;
5.       Bahasa/literasi: Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, pengembangan Bahasa Arab, kegiatan literasi, dsb.;
6.       Teknologi: Robotik, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dsb.;
7.       Pendalaman Sains: pendalaman IPA, pendalaman Matematika, dsb.;
8.       Kekhasan madrasah, seperti: Aswaja, Kemuhammadiyahan,
9.       Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), dsb.
10.    Kekhasan madrasah khusus dalam naungan pondok pesantren, seperti: nahwu, sharaf, baca kitab, dsb. 

Muatan lokal setiap tingkatan kelas bisa berbeda-beda jenisnya. Misal, muatan lokal di kelas 1 Bahasa Baerah dan Tahfidz, di kelas 2 TIK dan Tahfidz, di kelas 4 TIK, Tahfidz, dan Ke-NU-an, dsb.

Berdasarkan KMA Nomor 184 Tahun 2019, pengembangan implementasi kurikulum pada MI
memungkinkanmadrasah untuk menambah beban belajar atau alokasi jam pelajaran untuk mapel-mapel tertentu,
merelokasi jam pelajaran tertentu (mengurangi dan menambahkan ke mapel lain), hingga menambahkan muatan
lokal.

Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah

Struktur kurikulum disusun mengacu pada struktur kurikulum yang terdapat dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019 sebagai berikut.

Mata Pelajaran
Alokasi Waktu Perpekan
Kelompok A
I
II
III
IV
V
VI
1
Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur’an Hadis
2
2
2
2
2
2
b. Akidah Akhlak
2
2
2
2
2
2
c. Fikih
2
2
2
2
2
2
d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
2
2
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
5
6
4
4
4
3
Bahasa Indonesia
8
9
10
7
7
7
4
Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2
5
Matematika
5
6
6
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
3
3
3
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
3
3
3
Kelompok B
1
Seni Budaya dan Prakarya*
4
4
4
5
5
5
2
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
4
4
4
4
4
4
3
Muatan Lokal*
-
-
-
-
-
-
Jumlah
34
36
40
42
42
42



Keterangan :
* Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah
** Muatan lokal dapat diisi dengan kearifan lokal atau mata pelajaran lain yang menjadi kekhasan/keunggulan madrasah terdiri atas maksimal tiga mata pelajaran dengan jumlah maksimal enam jam pelajaran.


Penambahan dan Relokasi Beban Belajar (Jam Pelajaran)

Seperti diulas di awal, pada KMA 184 Tahun 2019 maupun Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6980 Tahun 2019 memberikan wewenang kepada Madrasah Ibtidaiyah untuk melakukan inovasi kurikulum madrasah dengan menambah dan merelokasi beban belajar atau alokasi jam pelajaran.

Total penambahan beban belajar yang diperbolehkan adalah maksimal enam jam pelajaran perpekan.

Ada beberapa alternatif inovasi kurikulum terkait jumlah beban belajar yang dimungkinkan, seperti:

1. Menambah pada jumlah mata pelajaran muatan lokal (hingga tiga muatan lokal) dengan total alokasi jam mapel 6 JTM.
Contoh struktur kurikulum MI dengan penambahan satu muatan lokal

Mata   Pelajaran
Alokasi   Waktu Perpekan
Kelompok A
I
II
III
IV
V
VI
….
Kelompok B
….
3
Muatan Lokal*
-
-
-
-
-
-
a. Bahasa Daerah
2
2
2
2
2
2
Jumlah
36
38
42
44
44
44

Contoh struktur kurikulum MI dengan penambahan dua muatan lokal

Mata   Pelajaran
Alokasi   Waktu Perpekan
Kelompok A
I
II
III
IV
V
VI
….
Kelompok B
….
3
Muatan Lokal*
-
-
-
-
-
-
a. Bahasa Daerah
2
2
2
2
2
2
b. TIK
2
2
3
4
4
4
Jumlah
38
40
45
48
48
48

Contoh struktur kurikulum MI dengan penambahan tiga muatan lokal

Mata   Pelajaran
Alokasi   Waktu Perpekan
Kelompok A
I
II
III
IV
V
VI
….
Kelompok B
….
3
Muatan Lokal*
a. Tahfidz
4
4
2
2
2
2
b. Ke-NU-an
2
2
2
2
2
2
b. TIK
2
2
2
2
Jumlah
40
42
46
48
48
48

Jumlah mata pelajaran muatan lokal maksimal tiga mapel. Jumlah total penambahan beban belajar maksimal enam JTM.

2. Menambah beban belajar pada mata pelajaran kelompok A dan kelompok B dengan total alokasi jam mapel 6 JTM.

Mata Pelajaran
Alokasi   Waktu Perpekan
KET
Kelompok A
I
II
III
IV
V
VI
1
Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur’an Hadis
2
2
2
2
2
2
b. Akidah Akhlak
2
2
2
2
2
2
c. Fikih
2
2
2
2
2
2
d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
2
2
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
5
6
4
4
4
3
Bahasa Indonesia
9
10
10
7
7
7
+ 1 JP
4
Bahasa Arab
3
3
3
3
3
3
+ 1 JP
5
Matematika
5
6
6
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
5
5
5
+ 2 JP
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
4
4
4
+ 1 JP
Kelompok B
1
Seni Budaya dan Prakarya*
4
4
4
5
5
5
2
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
4
4
4
4
4
4
3
Muatan Lokal*
-
-
-
-
-
-
a. Tahfidz
2
2
2
-
-
-
+ 2 JP
b. Ke-NU-an
-
-
2
2
2
2
+ 2 JP
Jumlah
38
40
45
48
48
48
Jumlah Penambahan
4
4
5
6
6
6

2. Merekolasi (menambah dan mengurangi) beban belajar pada mata pelajaran kelompok A dan kelompok B.

Mata Pelajaran
Alokasi Waktu Perpekan
KET
Kelompok A
I
II
III
IV
V
VI
1
Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur’an Hadis
2
2
2
2
2
2
b. Akidah Akhlak
2
2
2
2
2
2
c. Fikih
2
2
2
2
2
2
d.   Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
2
2
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
5
6
4
4
4
3
Bahasa Indonesia
9
10
10
7
7
7
+ 1 JP
4
Bahasa Arab
3
3
3
3
3
3
+ 1 JP
5
Matematika
5
6
6
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
5
5
5
+ 2 JP
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
4
4
4
+ 1 JP
Kelompok B
1
Seni Budaya dan Prakarya*
4
4
4
4
4
4
- 1 JP
2
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
4
4
4
4
4
4
3
Muatan Lokal*
-
-
-
-
-
-
a. Tahfidz
2
2
2
-
-
-
+ 2 JP
b. TIK
-
-
2
2
2
2
+ 2 JP
Jumlah
38
40
45
47
47
47
Jumlah Penambahan
4
4
5
5
5
5



Sebagaimana Ayo Madrasah kutib dari KMA Nomor 184 Tahun 2019 Bab III Poin A, Inovasi yang dilakukan madrasah dimuat dalam Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah bersangkutan dan mendapatkan persetujuan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota.

Penambahan beban belajar hingga sebanyak-banyaknya enam jam pelajaran tersebut didasarkan pada pertimbangan kebutuhan peserta didik, akademik, sosial, budaya, dan ketersediaan waktu. Tujuannya demi meningkatkan mutu pendidikan, bukan karena pertimbangan kekurangan atau kelebihan guru. Apalagi sekedar untuk pemenuhan beban kerja guru bersertifikat pendidik.
Share:

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *