Blog MIN 1 Indragiri Hilir (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir) berisi tentang informasi pendidikan, peraturan pendidikan dan pembelajaran sekolah dan madrasah
MIN I INDRAGIRI HILIR (17-08-2020) : Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke - 75, Media MERDEKA dalam JARINGAN, Insta Indragiri Hilir, Dompet Dhuafa Inhil dan Instansi Pemerintahan Inhil mengadakan lomba.
Adapun lomba yang digelar antara lain : PIDATO, ADZAN, SURAH PENDEK dengan cara mengirimkan vedio masing-masing peserta ke pihak panitian. Hal ini dikarnakan masih dalam keadaan Covid -19. Alhamdulillah bertepatan tanggal 17 Agustus 2020 diumumkan Pemenang Lomba, MIN 1 Indagiri Hilir Meraih Juara Pertama Lomba Pidato ananda Muhammad Yusuf Al Khoiry dan Juara Pertama Adzan ananda Hammad Abdul Wahhab.
Juara Pertama Lomba Pidato ananda Muhammad Yusuf Al Khoiry
Juara Pertama Adzan ananda Hammad Abdul Wahhab.
Meskipun dengan suasana yang berbeda tahun ini siswa-siswi masih bisa melakukan perlombaan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75.
Dengan adanya berbagai lomba dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI Ke-75, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Indragiri Hilir Bapak Masnadi, S.Pd.I, M.Pd, mengharapkan agar kegiatan ini bisa lebih meningkatkan rasa Patriotisme, memupuk Persatuan Kebangsaan dan Keagamaan, terjalin silaturrahmi antara sekolah dan bakat-bakat siswa bisa tersalurkan. Selamat buat siswa-siswi yang telah mengikuti perlombaan, semoga bisa menjadi penerus bangsa.
Pihak madrasah akan memberi ruang kepada siswa-siswi yang ingin menyalurkan bakat dan kemampuannya masing-masing. Program madrasah yang mendukung itu antara lain : Tahfidz Al-Qur'an, Muhadharah, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Pramuka, Olahraga dan Pengembangan Seni.
Untuk memacu semangat dan memotivasi siswa-siswinya, MIN 1 Indragiri Hilir juga akan mengadakan lomba secara online dalam Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75. Lomba internal ini diadakan khusus untuk siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir. Lomba bernuansa Islam yang akan digelar pada tanggal 18 sampai 22 Agustus 2020 diantaranya :
Dengan diadakannya lomba ini diharapkan siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir tetap samangat, tidak jenuh dan termotivasi ingin belajar terus walau dalam kondisi pandemi covid-19. (Ijal/nadi)
Salah
satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat
diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian
dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai
sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
Gerak
pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem
gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat,
memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.
Organ
gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang
digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa
tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja
sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut
membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Tulang
disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan
sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka
tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat
pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan
tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan
hewan.
Otot
disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang
membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang
bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.
Kisi-kisi
:
Melalui teks bacaan tentang organ
gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan
dan manusia secara benar.
Soal
:
1.
Bergerak merupakan salah satu
cirri dari …
Jawaban
a.
Makhluk ciptaan tuhan.
b
b.
Makhluk hidup.
c.
Makhluk paling aktif.
d.
Makhluk paling mulia .
2.
Perubahan posisi sebagian atau
seluruh tubuh disebut …
Jawaban
a.
Berlari.
c
b.
Berjalan.
c.
Bergerak.
d.
Berpindah.
3.
Alat gerak pada makhluk hidup
ada dua macam yaitu ...
Jawaban
a.
Tulang dan otot.
a
b.
Tangan dan kaki.
c.
Hati dan jantung.
d.
Jiwa dan raga.
4.
Ular berjalan dengan cara …
Jawaban
a.
Berenang.
d
b.
Melompat.
c.
Memanjat.
d.
Melata
5.
Alat gerak pasif berupa …
Jawaban
a.
Hati.
c
b.
Jantung.
c.
Tulang.
d.
Otot.
6.
Alat gerak aktif berupa …
Jawaban
a.
Otot.
a
b.
Hati.
c.
Tulang.
d.
Jantung.
Kisi-kisi
Siswa dapat menentukan ide pokok
setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
7.
Ide pokok paragraph pertama
pada bacaan di atas adalah …
Jawaban
a.
Rangsangan yang membuat
makhluk hidup bergerak.
d
b.
Bergerak adalah berpindah
tempat.
c.
Gerak adalah perpindahan
posisi sebagian atau seluruh tubuh.
d.
Bergerak adalah salah satu ciri
makhluk hidup.
8.
Gagasan pokok pada paragraph ketiga
adalah …
Jawaban
a.
Organ gerak pada hewan dan
manusia memiliki kesamaan.
b
b.
Alat-alat gerak pada manusia
dan hewan ada dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif.
c.
Kedua alat gerak ini akan
bekerja sama dalam melakukan pergerakan.
d.
Kerja sama antara kedua alat
gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Kisi-kisi
Siswa dapat mengembangkan ide pokok
menjadi sebuah paragraf secara runtut.
9.
“Ikan bergerak dengan berenang”,
adalah ide pokok yang sesuai dengan bacaan …
Jawaban
a.
Ikan bergerak dengan cara berenang
menggunakan ekor dan siripnya. Sirip berfungsi untuk gerak maju, berputar dan
mempertahankan posisi.
a
b.
Ikan-ikan kecil berenang di
air yang tenang dan mencari makanan di akar-akar tumbuhan air.
c.
Ikan bernafas dengan insang
dan bergerak menggunakan sirip dan ekor.
d.
Ikan akan sulit bergerak jika
melawan arus, arus air akan menghambat pergerakannya.
Kisi-kisi
Siswa dapat menyebutkan pengertian,
fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
10.
Gerak secara umum adalah …
Jawaban
a.
Bergerak sesuatu dari satu
tempat ke tempat lain.
b
b.
Berpindah tempat atau
perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh.
c.
Berpindah tempat atau
perubahan posisi sebagian dari tubuh.
d.
Berpindah tempat atau
perubahan posisi seluruh bagian dari tubuh.
Walau proses pembelajaran masih dilakukan dari rumah, siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir terlihat masih tetap semangat mengikuti dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir, bahwa guru Fiqih Ibu Arianida, S.Pd.I melalui WhatsApp menugaskan kepada siswa-siswinya untuk menghafal bacaan do'a setelah adzan.
Berikut setoran hafalan siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir yang dikirim oleh siswa kepada gurunya melalui WhatsApp pada tanggal 15 Agustus 2020.
Pembelajaran Jarak Jauh yang dilakukan tidak menyurutkan semangat siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir, tugas yang diberikan oleh guru mereka laksanakan dengan baik.
Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir, bahwa guru Fiqih Ibu Arianida, S.Pd.I melalui WhatsApp menugaskan kepada siswa-siswinya untuk menghafal bacaan do'a setelah adzan.
Berikut setoran hafalan siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir yang dikirim oleh siswa kepada gurunya melalui WhatsApp pada tanggal 15 Agustus 2020
M. ARJUNA ALFATIH mau setor hapalan doa sesudah adzan
Hafalan doa setelah Azan siswa kelas 2 MIN 1 Inhil
Setoran hafalan doa setelah Azan M. Fatih Zaydan Siswa kelas 2 MIN 1 Inhil
Hafalan doa setelah azan siswa kelas 2 MIN 1 Inhil
Doa setelah Azan bersama Naura (Siswi Kelas 2-A MIN 1 Inhil)
Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola
irama sederhana dengan benar.
Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana
dengan percaya diri.
Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana
dengan benar.
Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama
sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4
ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat
menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan,
siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan
benar.
Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan,
siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan
benar.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang
dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan,
ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.