Blog MIN 1 Indragiri Hilir (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir) berisi tentang informasi pendidikan, peraturan pendidikan dan pembelajaran sekolah dan madrasah

Selasa, 18 Agustus 2020

SISWA MIN I INHIL RAIH JUARA I PIDATO DAN ADZAN

 MIN I INDRAGIRI HILIR (17-08-2020) : Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke - 75,  Media MERDEKA dalam JARINGAN, Insta Indragiri Hilir, Dompet Dhuafa Inhil dan Instansi Pemerintahan Inhil mengadakan lomba.

Adapun lomba yang digelar antara lain : PIDATO, ADZAN, SURAH PENDEK dengan cara mengirimkan vedio masing-masing peserta ke pihak panitian. Hal ini dikarnakan masih dalam keadaan Covid -19. Alhamdulillah bertepatan  tanggal 17 Agustus 2020 diumumkan Pemenang Lomba,  MIN 1 Indagiri Hilir Meraih Juara Pertama Lomba Pidato ananda Muhammad Yusuf Al Khoiry dan Juara Pertama Adzan ananda Hammad Abdul Wahhab.

Juara Pertama Lomba Pidato ananda Muhammad Yusuf Al Khoiry




Juara Pertama Adzan ananda Hammad Abdul Wahhab.


Meskipun dengan suasana yang berbeda tahun ini siswa-siswi masih bisa melakukan perlombaan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75.
Dengan adanya berbagai lomba dalam menyambut Hari Kemerdekaan  RI Ke-75, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Indragiri Hilir Bapak Masnadi, S.Pd.I, M.Pd, mengharapkan agar kegiatan ini bisa  lebih meningkatkan rasa Patriotisme, memupuk Persatuan Kebangsaan dan Keagamaan, terjalin silaturrahmi antara sekolah dan bakat-bakat siswa bisa tersalurkan. Selamat buat siswa-siswi yang telah mengikuti perlombaan, semoga bisa menjadi penerus bangsa.
Pihak madrasah akan memberi ruang kepada siswa-siswi yang ingin menyalurkan bakat dan kemampuannya masing-masing. Program madrasah yang mendukung itu antara lain : Tahfidz Al-Qur'an, Muhadharah, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Pramuka, Olahraga dan Pengembangan Seni.
Untuk memacu semangat dan memotivasi siswa-siswinya, MIN 1 Indragiri Hilir juga akan mengadakan lomba secara online dalam Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75. Lomba internal ini diadakan khusus untuk siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir. Lomba bernuansa Islam yang akan digelar pada tanggal 18 sampai 22 Agustus 2020 diantaranya : 
  1. Adzan khusus pria masing-masing kelas/rombel.
  2. Tahfidz Al-Qur'an Surah Pendek.
  1. Surat Al Fatihah untuk Kelas 1
  2. Surat Al Fiil untuk Kelas 2
  3. Surat Almaa'un untuk Kelas 3
  4. Surat Al Kaafiruun untuk Kelas 4
  5. Surat Al Humazah untuk Kelas 5
  6. Surat Al 'Alaa untuk Kelas 6
Baca juga :
Dengan diadakannya lomba ini diharapkan siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir tetap samangat, tidak jenuh dan termotivasi ingin belajar terus walau dalam kondisi pandemi covid-19. (Ijal/nadi)

Share:

Senin, 17 Agustus 2020

Kisi-kisi dan Soal Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kisi-kisi Soal ulangan harian  k13 revisi 2020 Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
Foto : Siswa MIN 1 Inhil belajar dari rumah

Mata Pelajaran :   Tematik Kelas 5
Tema                  :   Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 ( Organ Gerak Hewan dan Manusia)
Semester            :   1 (satu) Tahun Pelajaran 2020/2021

Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
  3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
     Baca juga :



 Bacalah teks berikut ini !.
Organ Gerak Manusia dan Hewan
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.


Kisi-kisi
:
Melalui teks bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.





Soal
:
1.
Bergerak merupakan salah satu cirri dari …
Jawaban



a.
Makhluk ciptaan tuhan.
b



b.
Makhluk hidup.




c.
Makhluk paling aktif.




d.
Makhluk paling mulia .




2.
Perubahan posisi sebagian atau seluruh tubuh disebut …
Jawaban



a.
Berlari.
c



b.
Berjalan.




c.
Bergerak.




d.
Berpindah.









3.
Alat gerak pada makhluk hidup ada dua macam yaitu ...
Jawaban



a.
Tulang dan otot.
a



b.
Tangan dan kaki.




c.
Hati dan jantung.




d.
Jiwa dan raga.









4.
Ular berjalan dengan cara …
Jawaban



a.
Berenang.
d



b.
Melompat.




c.
Memanjat.




d.
Melata









5.
Alat gerak pasif berupa …
Jawaban



a.
Hati.
c



b.
Jantung.




c.
Tulang.




d.
Otot.









6.
Alat gerak aktif berupa …
Jawaban



a.
Otot.
a



b.
Hati.




c.
Tulang.




d.
Jantung.







Kisi-kisi


Siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.








7.
Ide pokok paragraph pertama pada bacaan di atas adalah …
Jawaban



a.
Rangsangan yang membuat makhluk hidup bergerak.
d



b.
Bergerak adalah berpindah tempat.




c.
Gerak adalah perpindahan posisi sebagian atau seluruh tubuh.




d.
Bergerak adalah salah satu ciri makhluk hidup.









8.
Gagasan pokok pada paragraph ketiga adalah …
Jawaban



a.
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.
b



b.
Alat-alat gerak pada manusia dan hewan ada dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif.




c.
Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan.




d.
Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.







 Kisi-kisi

Siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.








9.
“Ikan bergerak dengan berenang”, adalah ide pokok yang sesuai dengan bacaan …
Jawaban



a.
Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan ekor dan siripnya. Sirip berfungsi untuk gerak maju, berputar dan mempertahankan posisi.
a



b.
Ikan-ikan kecil berenang di air yang tenang dan mencari makanan di akar-akar tumbuhan air.




c.
Ikan bernafas dengan insang dan bergerak menggunakan sirip dan ekor.




d.
Ikan akan sulit bergerak jika melawan arus, arus air akan menghambat pergerakannya.







Kisi-kisi

Siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.









10.
Gerak secara umum adalah …
Jawaban



a.
Bergerak sesuatu dari satu tempat ke tempat lain.
b



b.
Berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh.




c.
Berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian dari tubuh.




d.
Berpindah tempat atau perubahan posisi seluruh bagian dari tubuh.

 Ingin memiliki filenya silahkan download di sini



Share:

Minggu, 16 Agustus 2020

(Part 2) Hafalan Doa setelah Adzan Siswa-siswi Kelas 2A MIN 1 Inhil

Walau proses pembelajaran masih dilakukan dari rumah, siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir terlihat masih tetap semangat mengikuti dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir, bahwa guru Fiqih Ibu Arianida, S.Pd.I melalui WhatsApp menugaskan kepada siswa-siswinya untuk menghafal bacaan do'a setelah adzan.

Berikut setoran hafalan siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir yang dikirim oleh siswa kepada gurunya melalui WhatsApp pada tanggal 15 Agustus 2020.


Syifa Maulida setor doa setelah azan



Ar-Raffi Pratama



Adiba Kanza Azzahra



Muhammad Zyan Al Fatih



Nafisa Nayla Putri



Muhammad Rasyid Anwar

Share:

Sabtu, 15 Agustus 2020

(Part 1) Hafalan Doa setelah Adzan Siswa-siswi Kelas 2A MIN 1 Inhil

Pembelajaran Jarak Jauh yang dilakukan tidak menyurutkan semangat siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir, tugas yang diberikan oleh guru mereka laksanakan dengan baik.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir, bahwa guru Fiqih Ibu Arianida, S.Pd.I melalui WhatsApp menugaskan kepada siswa-siswinya untuk menghafal bacaan do'a setelah adzan.

Berikut setoran hafalan siswa-siswi kelas 2A MIN 1 Indragiri Hilir yang dikirim oleh siswa kepada gurunya melalui WhatsApp pada tanggal 15 Agustus 2020


M. ARJUNA ALFATIH mau setor hapalan doa sesudah adzan


Hafalan doa setelah Azan siswa kelas 2 MIN 1 Inhil


Setoran hafalan doa setelah Azan M. Fatih Zaydan Siswa kelas 2 MIN 1 Inhil


Hafalan doa setelah azan siswa kelas 2 MIN 1 Inhil

 


Doa setelah Azan bersama Naura (Siswi Kelas 2-A MIN 1 Inhil)


Share:

Kamis, 13 Agustus 2020

Kisi-kisi dan Soal Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1


Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Tujuan Pembelajaran.

  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
  2. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  6. Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  7. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  8. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.


 

Share:

Rabu, 12 Agustus 2020

Bakat dan Keterampilan Siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir

Lomba Azan Perwakilan MIN 1 Inhil (Hammad)


Surah Al-Humazah bersama Nur Khairunnisa Siswi Kelas 6 MIN 1 Indragiri Hilir


 Pidato Kemerdekaan dalam Islam ( M. Yusuf Al-Qori Siswa Kelas 5-A MIN I Indragiri Hilir)


Surah Al-Humazah bersama M. Hafizuddin Siswa Kelas 4 MIN 1 Indragiri Hilir



Surah Al-Humazah Bersama Afifah Siswa Kelas 2 MIN 1 Indragiri Hilir



Praktik Menempel Siswi MIN 1 Indragiri Hilir


Surah Al-Humazah Bersama Royyan Siswa Kelas 3 MIN 1 Indragiri Hilir

Share:

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *