Blog MIN 1 Indragiri Hilir (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir) berisi tentang informasi pendidikan, peraturan pendidikan dan pembelajaran sekolah dan madrasah

Rabu, 12 Agustus 2020

Soal Jawab Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1




     Ingin mendapatkan soal serta kunci jawaban Matapelajaran Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 ?.... Silakan unduh di sini

Kisi-kisi
:
Siswa   mampu    mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.


Bacalah teks berikut ini !.


Pawai Budaya

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah,  dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng- Ceng namanya.  Alat  ini berbentuk seperti dua keping simbal  yang terbuat   dari  logam.   Nyaring   bunyinya  ketika   kedua  keping ini dipadukan.
Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.


Soal
:
1.
Gagasan pokok pada paragraf pertama dari teks bacaan di atas adalah …
Jawaban



a.
Pawai diadakan di alun-alun.
c



b.
Penampilan ragam budaya Indonesia.




c.
Pawai budaya di Kampung Babakan.




d.
Udin dan temannya tidak pernah bosan melihatnya.



2.
Gagasan pendukung    paragraf pertama pada teks bacaan di atas adalah
Jawaban



a.
Kakek Udin sabar menanti pawai.
d



b.
Udin dan temannya sangat senang melihat Pawai Budaya.




c.
Suara gendang menandakan rombongan pawai semakin dekat.




d.
Pawai Budaya di Kampung Babakan menampilkan keragaman budaya.



3.
Arti keragaman adalah …
Jawaban



a.
Sama.
c



b.
Seragam.




c.
Bermacam-macam.




d.
Berbeda namun satu.



4.
NKRI singkatan dari …
Jawaban



a.
Negara Kita Republik Indonesia.
b



b.
Negara Kesatuan Republik Indonesia.




c.
Negara Kerakyatan Republik Indonesia.




d.
Negara Kemakmuran Republik Indonesia.



5.
Gagasan pokok dari paragraf kedua pada teks bacaan di atas adalah …




a.
Budaya Maluku sangat unik dan menarik.




b.
Tifa adalah alat musik dari Maluku.




c.
Baju adat perempuan Maluku dinamakan Cele




d.
Kemeja putih, jas merah dan topi tinggi hiasan keemasan pakaian adat laki-laki Maluku.



6.
Gagasan pendukung dari paragraf kedua pada teks bacaan di atas adalah …
Jawaban






a.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari
Maluku.
d



b.
Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta
rok lebar merah.




c.
Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa.




d.
Pakaian adat laki-laki Maluku kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan dan perempuan mengenakan baju Cele.



7.
Sinonim dari paragraf adalah …
Jawaban



a.
Alenia.
a



b.
Gagasan.




c.
Ide pokok




d.
Judul cerita



8.
Judul teks bacaan di atas adalah …
Jawaban



a.
Pakaian Adat.
c



b.
Pawai Akbar.




c.
Pawai Budaya.




d.
Keceriaan Udin dan Temannya.

Kisi-kisi
:
Siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

Soal
:
9.
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf 3 dari teks bacaan di atas, dengan mengisi peta
pikiran ditabel berikut !
Dijawab oleh
guru







10.

Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf ke 4 dari teks bacaan di atas, dengan mengisi peta
pikiran ditabel berikut !

Dijawab oleh
guru







    Share:

    Senin, 10 Agustus 2020

    Pengangkatan Wakil Kepala Madrasah Sesuai Juknis Dirjen Pendis Nomor 1531 Tahun 2020

    Diklat Calon Kepala Madrasah dan Calon Kepala Perpustakaan Tahun 2018 di Pusdiklat Keagamaan Jakarta. Foto MIN 1 Inhil


    Juknis Pengangkatan Guru Sebagai Wakil Kepala Madrasah Sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1531 Tahun 2020 Tentang Pengangkatan Guru yang Diberi Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Madrasah.

    Persyaratan Guru yang Diberi Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Madrasah

    1. Guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala madrasah harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : a. beragama Islam; b. berpendidikan paling rendah sarjana (S-1)) atau diploma empat (D-IV); c. Memikili kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an; d. sehat jasmani dan rohani; e. berusia setinggi-tingginya 54 tahun pada saat pertama kali diberi tugas tambahan sebagai wakil kepala madrasah; f. memiliki pengalaman mengajar atau membimbing paling singkat 5 (lima) tahun; g. tidak pernah dikenakan hukuman disiplin sedang dan/atau berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; h. bagi guru PNS memiliki hasil Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil dengan sebutan rendah "Baik" selama 2 (dua) tahun terakhir, sedangkan bagi guru PNS memiliki hasil Penilaian Kinerja Guru dengan sebutan paling rendah "baik" selama 2 (dua) tahun terakhir; i. memiliki pengetahuan manajemen pendidikan keterampilan ICT, dan keterampilan komunikasi; j. diutamakan memiliki pengalaman sekurang-kurangnya sebagai wali kelas atau guru berprestasi tingkat madrasah.
    2. Berdasarkan kekhasan madrasah dan ketersediaan sumberdaya manusia, madrasah dapat menambahkan persyaratan tertentu yang bersifat melengkapi (misalnya pangkat/golongan minimal bagi PNS, bersertifikat pendidik, memiliki kemampuan berbahasa Arab dan/atau Inggris, dll) dan tidak bertentangan dengan sebagaimana diatur dalam angka (1).

    Selengkapnya silahkan Download di sini


    Share:

    Sabtu, 08 Agustus 2020

    Ekstrakurikuler MIN 1 Indragiri Hilir

     Pembiasaan Bahasa Arab
    Share:

    Pembiasaan Sebelum Masuk Kelas Siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir

     Pembiasaan Sebelum Masuk Kelas Siswa-siswi MIN 1 Indragiri Hilir
    Share:

    Praktik Ibadah Siswa-Siswi MIN 1 Indragiri Hilir

     Hafalan Do'a Qunut

    Hafalan Niat Sholat 5 Waktu Siswi MIN 1 Inhil
    Share:

    Praktik Membaca Cepat Bersama Siswa-Siswi Kelas 3 MIN 1 Indragiri Hilir

     Belajar Membaca Cepat Teks Perkembangbiakan oleh Siswa MIN 1 Inhil

    Belajar Membaca Cepat Kelas 3-F MIN 1 Inhil

    Belajar Membaca Cepat Siswa MIN 1 Inhil
    Share:

    Pembacaan Surah Yasin Setiap Pagi Jumat dimasa Covid-19 oleh Siswa-Siswi MIN 1 Inhil

     Pembacaan Yasin Setiap Pagi Jumat dimasa Covid-19 oleh Siswi Kelas 5 MIN 1 Inhil

    Pembacaan Surah Yasin oleh Siswa Kelas 5 MIN 1 Inhil

    Pembacaan Yasin Siswi Kelas 5-F MIN 1 Inhil
    Share:

    Belajar Membaca Bersama Siswa-siswi Kelas 1 MIN 1 Inhil

     Mengenal Huruf Abjad Siswa Kelas 1 MIN 1 Inhil

    Membaca

    Belajar Mengeja

    Belajar Mengeja

    Ayo Membaca

    Mengenal Anggota Tubuh Sambil Belajar Membaca

    Yuk! Belajar Membaca

    Assalamu'alaikum Umi, saya mau membaca
    Share:

    Total Tayangan Halaman

    Recent Posts

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *