Ingin mendapatkan soal serta kunci jawaban Matapelajaran Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 ?.... Silakan unduh di sini
Kisi-kisi
|
:
|
Siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
|
Bacalah teks
berikut ini !.
Pawai Budaya
Pawai
Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan
keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti
rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai
tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang
menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di
barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari
Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah,
dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan
baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh
suara Tifa, alat musik dari Maluku.
Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya
Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya
Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda.
Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya,
Ceng- Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya
ketika kedua keping ini
dipadukan.
Rombongan dari Bali
diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang
disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut
Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka,
Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya
seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat
menarik untuk dipelajari. |
Soal
|
:
|
1.
|
Gagasan pokok pada
paragraf pertama dari teks bacaan di atas adalah …
|
Jawaban
|
|
a.
|
Pawai diadakan di alun-alun.
|
c
|
|||
b.
|
Penampilan ragam budaya Indonesia.
|
||||
c.
|
Pawai budaya di Kampung Babakan.
|
||||
d.
|
Udin dan temannya tidak pernah bosan melihatnya.
|
||||
2.
|
Gagasan pendukung paragraf pertama pada teks bacaan di atas adalah …
|
Jawaban
|
|||
a.
|
Kakek Udin sabar menanti pawai.
|
d
|
|||
b.
|
Udin dan temannya sangat senang melihat Pawai
Budaya.
|
||||
c.
|
Suara
gendang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
|
||||
d.
|
Pawai
Budaya di Kampung Babakan menampilkan keragaman budaya.
|
||||
3.
|
Arti
keragaman adalah …
|
Jawaban
|
|||
a.
|
Sama.
|
c
|
|||
b.
|
Seragam.
|
||||
c.
|
Bermacam-macam.
|
||||
d.
|
Berbeda namun satu.
|
||||
4.
|
NKRI
singkatan dari …
|
Jawaban
|
|||
a.
|
Negara Kita Republik Indonesia.
|
b
|
|||
b.
|
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
||||
c.
|
Negara Kerakyatan Republik Indonesia.
|
||||
d.
|
Negara Kemakmuran Republik Indonesia.
|
||||
5.
|
Gagasan pokok dari
paragraf kedua pada teks bacaan di atas adalah …
|
||||
a.
|
Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
|
||||
b.
|
Tifa adalah alat musik dari Maluku.
|
||||
c.
|
Baju adat perempuan Maluku dinamakan Cele
|
||||
d.
|
Kemeja
putih, jas merah dan topi tinggi hiasan keemasan pakaian adat laki-laki
Maluku.
|
||||
6.
|
Gagasan
pendukung dari paragraf kedua pada teks bacaan di
|
Jawaban
|
a.
|
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari
Maluku.
|
d
|
|||
b.
|
Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan
panjang serta
rok
lebar merah.
|
||||
c.
|
Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa.
|
||||
d.
|
Pakaian adat
laki-laki Maluku kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan
keemasan dan perempuan mengenakan baju Cele.
|
||||
7.
|
Sinonim
dari paragraf adalah …
|
Jawaban
|
|||
a.
|
Alenia.
|
a
|
|||
b.
|
Gagasan.
|
||||
c.
|
Ide pokok
|
||||
d.
|
Judul cerita
|
||||
8.
|
Judul
teks bacaan di atas adalah …
|
Jawaban
|
|||
a.
|
Pakaian Adat.
|
c
|
|||
b.
|
Pawai Akbar.
|
||||
c.
|
Pawai Budaya.
|
||||
d.
|
Keceriaan Udin dan Temannya.
|
||||
Kisi-kisi
|
:
|
Siswa mampu
menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks
tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
|
|||
Soal
|
:
|
9.
|
Temukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf 3 dari teks bacaan di atas,
dengan mengisi peta
pikiran
ditabel berikut !
|
Dijawab oleh
guru
|
10.
|
Temukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf ke 4 dari teks bacaan di
atas, dengan mengisi peta
pikiran
ditabel berikut !
|
Dijawab oleh
guru
|